Press Tour Sekretariat DPRD Bali dan Wartawan ke NTB: Tingkatkan Sinergitas, Kuatkan Energi Positif Tangani Pandemi

Saat dalam kondisi pandemi Covid-19 saat ini, tidak jauh beda yang dilakukan pemerintah di Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB) dengan di Bali guna menumbuh kembangkan UMKM.

Dorongan dari pihak legislatif, tentunya dapat membantu perkembangan perekonomian masyarakat dalam situasi pandemi. Hal itu terungkap saat kegiatan keseketariatan DPRD Bali bersama rombongan wartawan mengunjungi DPRD Bali.

Dalam pertemuan di ruang rapat pleno, Jumat, 27 November 2020, rombongan diterima langsung Kepala Bagian Umum dan Humas Sekretariat DPRD Nusa Tenggara Barat,  Baiq Zuhar Parhi didampingi Kasubag Humas Protokol dan Perjalanan Lalu Hilary.

Baiq Zuhar Parhi menyampaikan, bahwa saat pandemi ini ada berbagai Perda Inisiatif Dewan yang diajukan kepada pihak eksekutif. Salah satunya membuat surat keputusan edaran bersama, untuk pembuatan masker oleh UMKM.

” DPRD NTB menjelaskan hak inisiatifnya berupa Perda, tentang Pemberdayaan UMKM dalam segala hal, termasuk pembuatan masker, sehingga perekonomian di tengah masyarakat tidak terhenti, walaupun dalam situasi pandemi,” terangnya.

“Saat awal  Covid,  DPRD dengan Gubernur  NTB membuat edaran  agar masker yang digunakan masyarakat memang produk UMKM  NTB. Termasuk  pembuatan desinfektan juga produk SMK  di bawah pengawasan Dinas Perindustrian NTB,” paparnya

Selain masker dan produk desinfektan, lanjut Baiq Zuhar, ( Jaring Pengaman Sosial ) JPS Gemilang yang dibagikan juga merupakan  produksi UMKM NTB.

” Jadi, Perda yang dihasilkan DPRD NTB lebih banyak perda inisiatif baik itu dari demo, aspirasi masyarakat saat reses, maupun hal lainnya. Dan semua itu bermuara pada kepentingan masyarakat secara umum. Dengan inti semua itu adalah pemberdayaan dan penguatan ekonomi kemasyarakatan,” demikian Baiq Zuhar.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *