Ketua DPRD Bali Hadiri Pujawali di Pura Natar Sari, Apuan

Dalam rangka Pujawali di Kahyangan Jagat Luhur Natar Sari Desa Apuan, Baturiti Tabanan Ketua DPRD Bali I Nyoman Adi Wiryatama menghadiri undangan Persembahyangan di Pura Kahyangan Jagat Luhur Natar Sari, Jumat (30/10/2020).

Hadir juga Wakil Gubernur Bali Tjokorda Oka Artha Ardana Sukawati didampingi Penglingsir Puri Ubud, Camat Baturiti, Perbekel Desa Apuan, Bendesa, Para Pemangku dan Tokoh Masyarakat Desa Apuan.

Setelah melaksanakan Persembahyangan para undangan diajak berkeliling Pura oleh Jro Mangku Sarwa untuk melihat situasi pura yang sudah diperlukan renovasi dan pelebaran tempat linggih Tapakan (Sesuhunan).

Mengingat jika tidak terjadinya pandemi ini, kemungkinan sampai 81 Tapakan yang hadir (lunga) di Pura Natar Sari Apuan, mengingat banyaknya Sesuhunan dan terbatasnya tempat Ida Sesuhunan melinggih dikarenakan juga renovasi sesuhunan yang seperti saat ini lebih besar, maka, Jro Mangku Sarwa meminta agar Wakil Gubernur Bali dan Ketua DPRD Bali untuk merenovasi Pelingih tersebut dan terdapat juga candi bentar yang sudah miring agar juga diperbaiki.

Ketua DPRD Bali dan Wakil Gubernur Bali akan berusaha untuk memperjuangan apa yang menjadi aspirasi dari masyarakat, namun untuk perbaikan Pelinggih akan menggunakan biaya yang cukup besar dan ada aturan (awig-awig) agar renovasi tersebut juga tidak melanggar aturan tersebut.

Ketua DPRD Provinsi Bali juga menambahkan pada masa pandemi ini, masyarakat yang hadir untuk melakukan persembahyangan agar tetap melaksanakan protokol kesehatan dan meminta kepada petugas Desa Adat agar memaksimalkan protokol kesehatan.

Untuk Pujawali atau upacara selanjutnya, Bendesa atau Perbekel Desa Apuan untuk memperhatikan dagang-dagang yang ada dipinggir jalan agar tidak mengganggu kelancaran dan kenyamanan masyarakat yang akan tangkil, khususnya, Sesuhunan yang datang ke Pura Natar Sari tidaklah sedikit agar tidak merusak suasana yang nyaman tersebut. Adi Wiryatama menyarankan agar membuatkan tempat khusus untuk pada pedagang.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Berita Lainnya