Aspirasi Masyarakat, Komisi III DPRD Bali Tinjau LPJU Jalan Ida Bagus Mantra, Klungkung

Komisi III DPRD Provinsi Bali melakukan peninjauan terhadap perbaikan dan pemeliharaan Lampu Penerangan Jalan Umum (LPJU) di Jalan Raya Prof. Dr. Ida Bagus Mantra, Klungkung, Selasa (30/6).

Komisi III DPRD Bali dipimpin oleh IGA Diah Werdhi Srikandi beserta rombongan diterima oleh Bapak Agung Oka selaku Kasi Lalulintas Balai Pengelolaan Transportasi Darat (BPTD) Wilayah XII Bali-NTB beserta dengan Staf.

BPTD Wilayah XII Bali-NTB, menjelaskan, pengawasan dan pemeliharaan LPJU sepanjang jalan Prof. Dr. Ida Bagus Mantra merupakan kewenangan dari pusat namun selama 20 tahun sejak pendirian CSR dari Austalia tidak pernah ada pemeliharaan mengakibatkan semua jaringan lampu rusak.

{Photo: Humas Dewan Bali}

Kemudian, baru di tahun 2018 untuk pengawasan dan pemeliharaan LPJU Jalan Prof. Dr. Ida Bagus Mantra diserakan oleh pusat kepada BPTD Wilayah XII Bali-NTB. Dikatakan juga bahwa pihak BPTD Wilayah XII Bali-NTB sudah mengeluarkan anggaran sebanyak 2,5 Miliar untuk perbaikan LPJU dengan rincian.

Tahun 2018 dan 2019 masing-masing 500 Juta untuk anggaran perbaikan jaringan, kemudian di tahun 2020  sebesar 1,5 Miliar untuk anggaran perbaikan lampu yang sebelumnya menggunakan lampu mercuri diganti menjadi lampu LED namun baru bisa terpenuhi sebanyak 192 titik kemudian untuk sisanya sudah diusulkan pada anggaran perubahan tahun 2020 sebesar 13,5 Miliar oleh BPTD Wilayah XII Bali-NTB.

{Photo: Humas Dewan Bali}

Ketua Komisi III DPRD Bali IGA Diah Werdhi Srikandi WS, mengatakan melihat adanya aspirasi dari masyarakat setempat melalui akun facebook, Komisi III DPRD Bali langsung turun kelapangan mengajak dinas terkait untuk mengetahui lebih lanjut proses pemeliharaan LPJU dimaksud.

LPJU diruas jalan Bypass Ida Bagus Mantra merupakan bantuan Australia EINRIP untuk EBL 01 tahun 2008-2010, di simpang Ketewel – simpang Siyut, 10,55km dan EBL 02 th 2009-2011 simpang pantai Siyut-simpang Kosamba 8,6km. Jalan Baypass mulai beroperasi tahun 2011 LPJU berumur kurang lebih 8 tahun tanpa adanya pemeliharaan, Tanggal 28 Agustus 2018 serah terima LPJU oleh Satuan Kerja PJN Metropolitan Denpasar kepada BPTD Wilayah XII Bali dan NTB.

{Photo: Humas Dewan Bali}

Dengan mengetahui seperti itu, Komisi III DPRD Bali memberikan dukungan kepada BPTD Wilayah XII Bali-NTB  dengan akan membuatkan surat rekomendasi sebagai penguat pengajuan anggaran yang diusulkan oleh BPTD ke Pusat karena mengingat jalur Jalan Raya Prof. Dr. Ida Bagus Mantra ini sangat diperlukan sekali adanya LPJU.

Selain itu Komisi III  DPRD Bali juga akan berkordinasi dengan pihak Balai Jalan terkait untuk merapikan pohon-pohon yang perindang disepanjang Jalan Prof. Dr. Ida Bagus Mantra yang bisa menutupi Lampu Penerangan Jalan Umum (LPJU).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Berita Lainnya