Komisi I DPRD Bali Sidak Bandara Ngurah Rai dan Pelabuhan Benoa

DPRD Bali masih melanjutkan inspeksi mendadak (sidak) ke pintu-pintu masuk Pulau Dewata. Giliran Komisi I DPRD Provinsi Bali didampingi Wakil Ketua DPRD Tjok. Asmara Putra Sukawati melakukan sidak Terminal Kedatangan Internasional Bandara Ngurah Rai Bali, Kamis (16/04).

Sidak dilakukan untuk melihat secara langsung keseriusan dari petugas penanganan Covid-19 di Bandara Ngurah Rai, Bali dalam menangani kedatangan para Pekerja Migran Indonesia (PMI) yang baru datang dari berbai Negara utamanya yang kedatangan dari zona merah Covid-19.

{Photo : Humas Dewan Bali}

Ketut Juliarta Anggota Komisi I DPRD Bali mengatakan, Secara kasat mata Kami melihat penanganan sudah dilakukan dengan baik, tapi perlu lebih ketat lagi dan mereka wajib untuk di karantina yang sudah ditetapkan pada masing-masing kabupaten/kota.

selanjutnya, sidak Komisi I DPRD Bali dilanjutkan ke pintu masuk Bali Selatan yaitu Pelabuhan Benoa. dari hasil sidak Komisi I DPRD Bali mendapati hasil yang kurang memuaskan, antara lain, masih kurannya koordinasi antar unit dalam penanganan kedatangan ABK dan PMI di Pelabuhan Benoa.

{Photo : Humas Dewan Bali}

SOP yang dilakukan tidak jelas, tidak adanya penanggungjawab/pemegang kebijakan dalam penanganan ABK dan PMI di Pelabuhan Benoa, Petugas dilapangan masih kurang responsive dalam melakukan penangan dan masih banyak petugas lapangan yang tidak menggunakan APD lengkap.

pada saat itu juga kedatangan group di pelabuhan Benoa, kedatangan ABK  Azamara Journey  berjumlah 42 ABK dengan 17 ABK asal Bali, dan Kapal Spectrum Of The Seas berjumlah 265 ABK dengan 188 ABK Bali. Pelaksanaan rapid tes di Pelabuhan Benoa yang dilaksanaikan di daratan (tidak naik ke Kapal), mengingat tidak adanya riwayat positif Covid-19.

Ketua Fraksi Gerindra Ketut Juliarta menyarankan, kepada para PMI untuk tetap mengikuti himbaun Pemerintah Provinsi Bali untuk tetap melakukan karantina yang sudah disiapkan oleh masing-masing kabupaten/kota, Walaupun sebelumnya PMI sudah sempat di karantina dan menjalani rapid test dengan hasil  negatif.

{Photo : Humas Dewan Bali}

Hal tersebut untuk mengurangi keresahan keluarga dan masyarakat sekitarnya dalam penyebaran Covid-19 ini, Semoga sehat selalu semua, jaga kesehatan dan tetap jaga jarak.

Menyikapi temuan di atas Komisi I DPRD Bali akan berkoordinasi dengan Ketua Satgas Covid-19 bali, agar penanganan menjadi lebih baik dan diperketat lagi. Terima kasih pada petugas lapangan covid 19 yg menjadi garda terdepan dalam penanganan Covid-19, tetap semangat dan sehat slalu serta gunakan APD lengkap untuk keamanan dan kenyamanan bersama.{humasdewanbali}

Sumber : facebook.com/juliartaiketut

Berita Lainnya