Tiga Ranperda Siap Diajukan ke Dewan

sedikitnya sudah ada tiga rancangan peraturan daerah (ranperda) yang siap diajukan ke DPRD Bali untuk selanjutnya dibahas. diantaranya Ranperda tentang Rencana Pengembangan Industri Provinsi (RPIP) , Penyelenggaraan Bantuan Hukum, dan Ranperda tentang Rencana Umum Energi Daerah. Hal itu disampaikan Ketua Badan Pembentukan Peraturan Daerah (Bapemperda) DPRD Bali I Ketut Tama Tenaya.

Ini merupakan informasi yang didapat dari Biro Hukum Setda Provinsi Bali. Menurut Tama Tenaya ada pula tiga Ranperda prioritas lainnya yang siap diajukan. Hanya, materinya masih belum lengkap. Yakni ranperda tentang Standarisasi Penyelenggaraan Kesehatan, Ranperda tentang  Penyelenggaraan tentang Kepariwisataan, dan Ranperda tentanng Pemajuan Kebudayaan Bali. Ini masih melengkapi dan masih ada waktu untuk melengkapi, karena dalam masa siding sampai Desember, maksimal bisa empat ranperda, dan sisanya nanti tahun 2020.

Tama Tenaya menambahkan, Biro Hukum Sudah diberi waktu dua minggu untuk melengkapi berkas-berkas yang kurang. Sebelum akhirnya diajukan dalam rapat paripurna. Bila Bapemperda DPRD Bali sejatinya sudah menerima total 19 usulan ranperda dari Pemprov Bali.

Sementara untuk ranperda inisiatif dewan masih menunggu usulan dari setiap komisi jarena pembahasan panperda nantinya dibagi per komisi.