DPRD Bali Hasilkan 77 Perda Selama Lima Tahun

DPRD Provinsi Bali periode 2014-2019 telah membahas dan menetapkan 77 Peraturan Daerah (Perda). Dari jumlah tersebut, 13 di antaranya merupakan Ranperda Inisiatif DPRD Provinsi Bali. Selama kurun waktu lima tahun ini DPRD telah membahas dan menetapkan 77 Peraturan Daerah, di samping keputusan-keputusan strategis dewan lainnya, kata Ketua Sementara DPRD Provinsi Bali I Nyoman Adi Wiryatama, pada Rapat Paripurna DPRD Provinsi Bali dengan agenda Pelantikan dan Pengucapan Sumpah-Janji Anggota DPRD Provinsi Bali Periode 2019-2024, di Gedung Dewan.

Menurut dia, dalam pembentukan Perda dimaksud, terdapat sejumlah Perda yang bersifat sangat strategis dalam menjaga nilai budaya, adat dan tradisi Bali. Ada pula Perda yang memuat upaya membentengi kesejahteraan masyarakat Bali. Di antaranya adalah Perda Pelestarian Warisan Budaya Bali, Perda LPD, Perda Pengelolaan Sapi Bali, Perda Bendega, Perda Jamkrida, Perda Bahasa Aksara dan Sastra Bali, Perda Buah Lokal, Perda Desa Adat di Bali, Perda Sistem Pertanian Organik, Perda Lansia, Perda Ketenagakerjaan, dan masih banyak yang lainnya.

Selain menjalankan fungsi legislasi, kata dia, selama lima tahun ini dewan juga telah menjalankan fungsi penganggaran dengan maksimal. Dengan sinergitas bersama eksekutif, telah dilaksanakan tahapan-tahapan pembahasan terhadap APBD, baik induk maupun perubahan. Dewan memberikan atensi terhadap prioritas anggaran untuk kesejahteraan masyarakat Bali serta perlindungan budaya dan adat masyarakat Bali. Untuk fungsi pengawasan, demikian Adi Wiryatama, dilaksanakan melalui alat kelengkapan dewan, khususnya komisi-komisi, sesuai dengan tugasnya masing-masing. Dewan selalu melakukan pengawasan terhadap pelaksanaan kebijakan dan pembangunan tahun berjalan, untuk meyakinkan bahwa semua kebijakan dan penganggaran daerah sudah terlaksana dan menyentuh kepentingan masyarakat Bali yang kita cintai.

Ia menambahkan, dengan pelaksanaan ketiga fungsi lembaga legislatif dimaksud, muaranya adalah bagaimana kesejahteraan masyarakat Bali dapat ditingkatkan. Karena itu, ia secara khusus menyampaikan terima kasih atas pengabdian dan kerja keras anggota DPRD Provinsi Bali periode 2014-2019. Saya mengucapkan terima kasih kepada anggota DPRD Provinsi Bali masa jabatan 2014 2019 atas kebersamaan, kerja sama dan kerja kerasnya selama ini, dalam bersama – sama mengawal Visi Nangun Sat Kerthi Loka Bali melalui Pola Pembangunan Semesta Berencana menuju Bali Era Baru.

Berita Lainnya